Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam

Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam adalah Salah satu menu yang saya buat untuk bekal jalan-jalan nih. Soalnya mana tau makanan yang dijual di sana nggak cocok dengan selera anak anak. Biasanya sih di tempat seperti ini nggak boleh membawa masuk makanan ya. Tapi bekalnya memang mau dimakan di dalam mobil aja sebelum pulang he he.
Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam kriuk kriuk
Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam

Kalau ayam goreng kan anak anak suka banget apalagi yang ada kriuk-kriuknya.


Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam kriuk kriuk
Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam kriuk kriuk

Bahan membuat Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam:

  • 400 gram daging ayam tanpa tulang, iris setebal kira-kira 0,75 cm.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 150 gram tepung terigu.
  • 2 sdm tepung maizena.
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 75 gram oatmeal.
  • 2 sdt garam halus.
  • 1 sdt gula pasir.
  • 1 sdt merica bubuk.
  • 1 sdt ketumbar bubuk.
  • 1 butir telur, kocok lepas.
  • Minyak untuk menggoreng.

Baca: Resep Tumis Jagung Muda, Buncis, dan Wortel.

Cara membuat Ayam Krispi Saus Tomat dan Saus Lada Hitam:

  • Lumuri potongan ayam dengan saus tiram, biarkan bumbu meresap.
  • Campur tepung terigu, tepung maizena, baking powder, garam, gula, merica, dan ketumbar bubuk, aduk rata.
  • Gulingkan potongan daging ayam ke dalam campuran tepung, celupkan ke dalam kocokan telur, gulingkan lagi ke dalam campuran tepung sambil agak diremas.
  • Lakukan langkah 3 sampai semua daging ayam terbalut telur dan tepung.
  • Tambahkan oatmeal pada sisa campuran tepung, aduk rata.
  • Balur potongan ayam dengan campuran tepung dan oatmeal tadi.
  • Diamkan 5 menit.
  • Panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga kecoklatan.
  • Angkat dan tiriskan.

Baca: Resep Korean Ramyun.

Tepung maizena dapat digunakan untuk merenyahkan tekstur kue kering, melembutkan tekstur cake serta pengental saus puding atau kuah sup.

Kok sampai bikin dua saus segala sih? Ya biar ada pilihan mau saus yang mana he he. Yang lebih cepat habis memang saus tomat nih tapi saus lada hitam juga enak kok.

Saus Tomat 

Saus Tomat Ayam Krispi dan Saus Lada Hitam kriuk kriuk
Saus Tomat Ayam Krispi dan Saus Lada Hitam kriuk kriuk

Bahan:


1. 3 buah tomat, rebus hingga kulitnya mengelupas.
2. 1/4 bagian bawang bombay, potong kecil-kecil.
3. 5 siung bawang merah.
4. 3 siung bawang putih.
5. 1 sdt saus tiram.
6. 1/2 sdt merica bubuk.
7. 4 sachet saus tomat.
8. 100 ml air.
9. 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
10. Minyak untuk menumis.

Cara membuat saus tomat:


1. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
2. Buang kulit dan biji tomat, haluskan daging buahnya.
3. Panaskan minyak untuk menggoreng.
4. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan serta potongan bawang bombay hingga harum.
5. Masukkan tomat yang sudah dihaluskan.
6. Masukkan saus tiram, saus tomat, merica, dan air, aduk rata, masak hingga mendidih.
7. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga saus mengental dan meletup.
8. Angkat dan sajikan.

Baca: Resep Soto Betawi.

Saus Lada Hitam

Saus Lada Hitam ayam krispi
Saus Lada Hitam ayam krispi

Bahan:

  • 4 sdm kecap manis.
  • 1 sdm saus tiram.
  • 5 siung bawang merah.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1/4 bagian bawang bombay, potong kecil-kecil.
  • 2 sdt lada hitam bubuk. 
  • 100 ml air.
  • 1 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air.
  • Minyak untuk menumis.

Cara membuat saus lada hitam:

  • Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan serta potongan bawang bombay hingga harum.
  • Masukkan kecap manis dan saus tiram.
  • Tambahkan lada hitam bubuk dan air, aduk rata dan masak hingga mendidih.
  • Tambahkan larutan tepung maizena, aduk hingga saus mengental dan meletup.
  • Angkat dan sajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat kandang kelinci yang tepat dan sehat

membuat keris kerisan dari janur kelapa

Takaran Pemberian Makanan Kelinci