Skip to main content

Cara memandikan kelinci hias peliharaan

Semua makhluk hidup rata-rata harus mandi untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Tidak hanya manusia, hewanpun juga, salah satunnya adalah kelinci. Agar kelinci tetap sehat dan bersih salah satunnya adalah dengan cara memandikannnya atau grooming. Dengan dimandikan secara rutin, bulu kelinci hias akan menjadi bersih dan bebas dari kutu maupun tungau sehingga bulu kelinci dapat tumbuh dengan sehat dan terawat.
grooming atau memandikan kelinci hias
grooming atau memandikan kelinci hias

Pada dasarnya kebiasaan kelinci hampir sama dengan kucing, yaitu dapat mandi sendiri dengan cara menjilati bulunya. Walaupun begitu, tetap saja ada bagian-bagian tertentu seperti pantat dan daerah kaki kelinci yang tidak dapat bersih ketika hanya dengan dijilati.

Cara memandikan kelinci sebenarnya hampir sama dengan memandikan kucing, berikut langkah-langkah grooming kelinci:

Sebelum memulai untuk memandikan kelinci dan melakukan perawatan terhadapnya, sebaiknya kita siapkan dahulu peralatan yang akan digunakan.

 Peralatan dan bahan untuk memadikan kelinci antara lain:

  • dua buah ember untuk memandikan
  • shampo kucing
  • handuk lembut yang meresap air
  • hair dryer, dan cadangan air hangat untuk membilas.

Sedangkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk perawatan terhadap kelinci antara lain
sisir khusus kucing,
  • bedak, 
  • cotton bud dan baby oil untuk membersihkan telinga kelinci, 
  • gunting kuku,
  • perlak bayi.


Jika semua peralatan sudah terpenuhi, kini saatnnya anda untuk memulainnya.

langkah langkah memandikan kelinci hias

  •  Siapkan kedua ember mandi, lalu isilah dengan air hangat secukupnya. Jangan terlalu tinggi karena air dapat masuk ke hidung dan mulut kelinci. Jadi isi secukupnya saja. Ember yang satu untuk memandikan kelinci, sedang ember yang lain untuk membilasnya.
  • Sebelum kelinci diangkat masuk ke dalam ember mandi, ada baiknya Anda menyumpalkan sedikit kapas ke telinga kelinci agar saat mandi air tidak masuk ke dalamnya. 
  • Selain itu, lebih baik Anda juga memotong kuku kelinci terlebih dahulu, selain untuk mencegah kelinci mencakar Anda pada saat dimandikan, memotong kuku kelinci juga akan membuat jari-jari kelinci terlihat rapi. 
  • Bagi yang memiliki kelinci berbulu panjang, jangan lupa untuk menyisir bulunya terlebih dahulu agar tidak kusut sebelum dimandikan karena bulu yang kusus akan semakin kusut jika terkena air.
    menyisir bulu kelinci yang panjang
    menyisir bulu kelinci
  • Jika sudah siap, sekarang saatnya angkat kelinci Anda perlahan-lahan ke dalam bak ember tempat kelinci akan dimandikan. 
  • Biarkan beberapa saat hingga kelinci terbiasa dengan suasana didalam ember mandinya. Jika kelinci sudah tenang dan terbiasa, mulailah tuangkan air hangat sedikit-sedikit untuk membasahi tubuh kelinci. Mulai dari belakang hingga ke depan. Hati-hati agar air tidak masuk ke mata, hidung, atau mulut kelinci.
  • Anda dapat membantu meratakan basahnya air dengan mengusap-usap atau menggosok tubuh kelinci dengan gerakan satu arah saja yaitu dari atas ke bawah. Setelah itu, oleskan shampo kucing ke tubuh kelinci. Anda dapat menggosok searah dengan lembut untuk menghasilkan busa-busa sehingga bulu kelinci dapat menjadi lebih bersih. 
  • Pijat pelan-pelan agar shampo juga meresap sampai ke dasar kulit. Jika sudah cukup biarkan sejenak kelinci didalam ember.
  • Baiklah, sekarang saatnya memindahkan kelinci ke ember pembilasan. Pindahkan secara perlahan agar kelinci tidak panik. Dalam ember pembilasan, basahi tubuh kelinci dan siram secara perlahan mulai dari belakang hingga ke depan.
  •  Bantulah membersihkan sisa busa sabun dan sampo dengan menggosok-gosok bulu dari atas ke bawah. Jika sudah bersih, angkat kelinci dan taruhlah dilantai yang sudah diberi perlak bayi.
  • Nah, sekarang saatnya mengeringkan tubuh kelinci. Selimutkan handuk lembut ke seluruh tubuh kelinci agar banyak air terserap pada handuk. 
  • Anda dapat menggunakan beberapa handuk jika dibutuhkan. Jika sudah cukup terserap, kini saatnya Anda mengeringkan tubuh kelinci dengan mesin pengering rambut atau hair dryer menggunakan panas yang paling rendah. Biasakan kelinci dengan bunyi mesin dan udara hangat yang dikeluarkan hair dryer agar kelinci tidak takut atau panik.
  • Keringkanlah seluruh tubuh kelinci hingga benar-benar kering, termasuk juga pada daerah-daerah yang sulit dijangkau seperti perut, kaki, ataupun sela-sela jari kelinci.

vidio memandikan kelinci


jika masih bingung, mari simak vidio youtube cara memandikan atau grooming kelinci hias yang baik:

Proses memandikan kelinci sudah selesai. Sekarang anda bisa melakukan perawatan terhadap kelinci kesayangan anda setiap hari.

Comments

Popular posts from this blog

membuat keris kerisan dari janur kelapa

Daun kelapa muda atau biasa disebut dengan janur memang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, salah satunya adalah keris kerisan.
keris dari janur kelapa sering digunakan sebagai mainan tradisional maupun sebagai hiasan dekorasi upacara adat orang jawa terutama acara pernikahan.sering kali dalam membuat keris kerisan banyak yang kesulitan kerana tidak ada yang mengajari kita, sehingga tida banyak yang mearisi ketrampilan menganyam daun kelapa ini. berikut saya akan membagikan tutorial cara membuat anyaman keris dari janur kelapa agar ktrampilan ini terus lestari heheheh. membuat keris janur kelapaLangkah pertama membuat anyaman keris tentu dimulai dengan menyiapkan 1 helai janur kelapa kemudian belah atau pisahkan dengan lidi atau tulangjanur dan sisahkan bagian pangkal daun kelapa sekitar 10-15 cm untuk digunakan sebagai pegangan tangan layaknya keris sungguhan. letakkan janur di lantai dengan tulang daun berada disebelah kanan untuk memermudah dalam proses penganyaman.setel…

cara Membuat kandang kelinci yang sehat

Kelinci merupakan hewan yang sangat tidak suka akan kotoran, sehingga perlu membuat kandang kelinci yang sehat. cara membuat kandang memang gampang gampang susah hal ini karenamempunyai hidung kelinci yang peka dengan aroma busuk sehingga perlu mendisain kandang kelinci sebaik mungkin agar kelincinya tetap sehat selama hidup dikandang. 

desain kandang kelinci yang baik adalah yang dilengkapi dengan tempat penampungan kotoran dan halaman pengmbaran.
Berikut adalah ini adalah cara membuat kandang kelinci yang baik dan sehat:

Kandang boleh dengan sistem bersusun. Tetapi pada prakteknya sistemkandang kelinci susun untuk tujuan efektivitas ruangan ini sering menjadi boomerang. Dengan modal kandang kayu dan mentalitas kebersihan yang minim akhir-akhir ini kita lihat kotoran menumpuk di kandang. Karena itu sebaiknya jangan membuat kandang bersusun. Sistem kandang bersusun sering kali menurunkan kotoran (feses dan urine) kelinci yang berada di atasnya ke kandang kelinci bawah, bahkan tak jaran…

Takaran Pemberian Makanan Kelinci

Memberi makan kelinci tidak boleh sembarangan, tentunnya kita juga harus memperhatikan takaran makanan kelinci menurut umurnnya. apa saja yang boleh dimakan untuk kelinci untuk umuran kecil dan dewasa. dengan memperharikan takaran emberian pakan kelinci diharapkan  kelinci anda bisa mencerna makanan dengan baik dan tumbuh sehat.

Takaran Pemberian menurut umur atau usia kelinci:
Lahir – 3 minggu : ASI induk3 – 4 minggu : ASI induk, sedikit rumput dan pelet4 – 7 minggu : ASI induk, rumput dan pelet secukupnya7 minggu – 7 bulan : pelet dan rumput sebanyak-banyaknya12 minggu : mulai beri sayuran (jumlah ½ ons tiap kali diberi)Pemberian Makanan Kelinci Berumur 7 Bulan – 1 Tahun :
Jumlah Makanan Untuk Kelinci Remaja : Mulai beri variasi rumput
Kurangi pelet sesuai berat badan kelinci
Tambah sayuran tiap hari secara bertahap
Beri buah-buahan, tapi dibatasi sesuai berat badan kelinci
Pemberian Makanan Kelinci Berumur 1 – 5 Tahun :

Rerumputan sebanyak-banyaknya
Batasi konsumsi pelet (sesuai metab…