Skip to main content

Manfaat Bunga Rosela bagi Kesehatan Tubuh

Bunga rosella merupakan spesies bunga yang berasal dari negara Afrika. Di negara asalnya, bunga kesehatan yang satu ini pada awalnya dijadikan sebagai tanaman penghias halaman rumah sebelum akhirnya bisa diolah menjadi minuman, jeli ataupun selai.
bunga rosella (Hibiscus sabdariffa ) dijadikan sebagai minuman kesehatan
bunga rosella (Hibiscus sabdariffa ) dijadikan sebagai minuman kesehatan

Tak cuma di Afrika saja, di negara lain pun bunga rosela juga dijadikan sebagai bahan makanan atau minuman.Sebagai contoh di Jamaika, bunga bernama latin Hibiscus sabdariffa ini dimanfaatkan untuk membuat salad buah.
Selai bunga Rosela
Selai bunga Rosela

Manfaat Bunga Rosella bagi Kesehatan Tubuh

Sementara itu, pada umumnya di Indonesia rosella dibuat teh yang lebih dikenal dengan sebutan teh rosella.


mafaat bunga rosela untuk kesehatan
mafaat bunga rosela untuk kesehatan
Apa saja manfaat bunga rosella bagi kesehatan tubuh kita? Berikut adalah penjelasannya

Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Infeksi dan peradangan bisa diatasi dengan memanfaatkan bunga yang satu ini. Pasalnya, rosella memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang dapat berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi.

Menurunkan Tekanan Darah

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa bunga rosella yang telah diolah menjadi teh dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian tersebut dilakukan terhadap 65 orang yang diberikan teh rosella.

Dan hasilnya adalah mereka yang minum teh rosella mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan dalam kurun waktu 6 minggu. Berbeda dengan mereka yang tidak meminum teh rosella.

Menurunkan Lemak Darah

Bunga rosella juga dapat menurunkan lemak darah dalam tubuh. Manfaat ini didapatkan berdasarkan hasil studi yang dilakukan terhadap 60 orang penderita diabetes diberikan teh rosella. Dan hasilnya adalah setelah 1 bulan yang terjadi peningkatan lemak baik (HDL) dan penurunan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida.

Menjaga Kesehatan Hati

Bunga Rosella juga berkhasiat menjaga kesehatan hati. Tentang hal ini sudah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang diterapkan kepada orang-orang dengan kelebihan berat badan. Mereka diberikan ekstrak bunga rosella selama 3 bulan dan hasilnya ternyata mampu menyembuhkan steatosis hati.

Mencegah Radikal Bebas

Di dalam bunga Rosella terkandung zat antioksidan. Zat inilah yang memiliki peranan mencegah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh manusia. Radikal bebas dapat merusak sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Itulah beberapa khasiat dari bunga Rosella untuk kesehatan tubuh anda. Rajin mengkonsumsinya membawa perubahan positif pada tubuh.



Comments

Popular posts from this blog

membuat keris kerisan dari janur kelapa

Daun kelapa muda atau biasa disebut dengan janur memang sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan, salah satunya adalah keris kerisan.
keris dari janur kelapa sering digunakan sebagai mainan tradisional maupun sebagai hiasan dekorasi upacara adat orang jawa terutama acara pernikahan.sering kali dalam membuat keris kerisan banyak yang kesulitan kerana tidak ada yang mengajari kita, sehingga tida banyak yang mearisi ketrampilan menganyam daun kelapa ini. berikut saya akan membagikan tutorial cara membuat anyaman keris dari janur kelapa agar ktrampilan ini terus lestari heheheh. membuat keris janur kelapaLangkah pertama membuat anyaman keris tentu dimulai dengan menyiapkan 1 helai janur kelapa kemudian belah atau pisahkan dengan lidi atau tulangjanur dan sisahkan bagian pangkal daun kelapa sekitar 10-15 cm untuk digunakan sebagai pegangan tangan layaknya keris sungguhan. letakkan janur di lantai dengan tulang daun berada disebelah kanan untuk memermudah dalam proses penganyaman.setel…

cara Membuat kandang kelinci yang sehat

Kelinci merupakan hewan yang sangat tidak suka akan kotoran, sehingga perlu membuat kandang kelinci yang sehat. cara membuat kandang memang gampang gampang susah hal ini karenamempunyai hidung kelinci yang peka dengan aroma busuk sehingga perlu mendisain kandang kelinci sebaik mungkin agar kelincinya tetap sehat selama hidup dikandang. 

desain kandang kelinci yang baik adalah yang dilengkapi dengan tempat penampungan kotoran dan halaman pengmbaran.
Berikut adalah ini adalah cara membuat kandang kelinci yang baik dan sehat:

Kandang boleh dengan sistem bersusun. Tetapi pada prakteknya sistemkandang kelinci susun untuk tujuan efektivitas ruangan ini sering menjadi boomerang. Dengan modal kandang kayu dan mentalitas kebersihan yang minim akhir-akhir ini kita lihat kotoran menumpuk di kandang. Karena itu sebaiknya jangan membuat kandang bersusun. Sistem kandang bersusun sering kali menurunkan kotoran (feses dan urine) kelinci yang berada di atasnya ke kandang kelinci bawah, bahkan tak jaran…

Takaran Pemberian Makanan Kelinci

Memberi makan kelinci tidak boleh sembarangan, tentunnya kita juga harus memperhatikan takaran makanan kelinci menurut umurnnya. apa saja yang boleh dimakan untuk kelinci untuk umuran kecil dan dewasa. dengan memperharikan takaran emberian pakan kelinci diharapkan  kelinci anda bisa mencerna makanan dengan baik dan tumbuh sehat.

Takaran Pemberian menurut umur atau usia kelinci:
Lahir – 3 minggu : ASI induk3 – 4 minggu : ASI induk, sedikit rumput dan pelet4 – 7 minggu : ASI induk, rumput dan pelet secukupnya7 minggu – 7 bulan : pelet dan rumput sebanyak-banyaknya12 minggu : mulai beri sayuran (jumlah ½ ons tiap kali diberi)Pemberian Makanan Kelinci Berumur 7 Bulan – 1 Tahun :
Jumlah Makanan Untuk Kelinci Remaja : Mulai beri variasi rumput
Kurangi pelet sesuai berat badan kelinci
Tambah sayuran tiap hari secara bertahap
Beri buah-buahan, tapi dibatasi sesuai berat badan kelinci
Pemberian Makanan Kelinci Berumur 1 – 5 Tahun :

Rerumputan sebanyak-banyaknya
Batasi konsumsi pelet (sesuai metab…